Assalamualaikum gengs, finally I’m back nih. Udah lama banget rasanya gak nulis blog, entah kenapa mood menulis rusak aja gitu ketika pandemi huhu. Tapi gak  mau berlarut-larut juga sih, bahaya nanti imun bisa ikutan drop hehe. Nah kali ini daku ingin share tentang Ide Aktivitas Mengenal Angka dan Belajar Berhitung, yang memang udah kami praktekin nih di rumah. Dan hamdallah sekarang Raka udah kenal dengan angka dan bisa berhitung meskipun baru sampe 20 xixixii.

Sebelumnya saya mau ingetin untuk santai aja ya ketika melatih anak belajar tentang angka, apalagi berhitung. Gak perlu buru-buru terlebih gengsi karna anak lainnya udah bisa duluan. Raka yang hampir 3 tahun aja masih suka ngacak berhitung 1 sampai 5, saya mencoba santuy karna emang mau menikmati prosesnya pelan-pelan. Kita tuh mikirnya jangan dari sudut pandang orang dewasa kalo berhitung itu gampang, melainkan dari sudut pandang si anak yang merupakan makhluk kecil yang syaraf otaknya masih terputus-putus. Harus yakin juga kalo masa ia jago berhitung pasti akan datang hihi.

Ada beberapa langkah juga trik untuk memikat ketertarikan si kecil mau belajar berhitung, langkah pertama ya tentu saja proses PDKT alias pendekatan. Pendekatannya bisa beragam ya, kalo Raka sendiri paling efektif lewat buku. Makanya kala itu saya membeli buku Lift-the Flap Numbers dari USBORNE, dipilih buku ini karna isinya sangat interaktif. Jadi Rakapun mudah tertarik dengan isinya. Buibuk bisa observasi sendiri ya mengenai pendekatan apa yang paling efektif untuk si kecil. Nah kalau butuh ide aktivitasnya, silahkan adaptasi ide-ide berikut ini ya:

1. Menemukan Angka

Menemukan angka
Menemukan angka

Untuk langkah awal bisa dimulai dari angka 1-3 dahulu ya buibuk, selah itu bisa di-upgrade kembali. Ide belajar ini simple banget karna cuma butuh kertas lipat atau origami. Si kecil diminta menemukan angka dan menandainya menggunakan mata-mataan (google eyes) yang bisa diganti dengan material lain seperti batu, pom-pom, kancing dsb.

BACA JUGA :  Free Printable; Pizza Letter Matching, Bisa Jadi Kegiatan Mengenal Alfabet

(Baca Juga: Ide Belajar Menggunakan Pom Pom)

2. Loosing Part Game

Melengkapi angka yang hilang
Melengkapi angka yang hilang

Masih menggunakan kertas lipat warna, si kecil diminta menemukan dan melengkapi angka yang hilang. Saya sendiri menggunakan magnet kulkas yang berbentuk angka, kalian pasti bisa menemukannya ya di toko mainan atau onlineshop.

3.  Menghitung Toping Ice Cream

Menghitung toping ice cream
Menghitung toping ice cream

Kebanyakan anak kecil pasti suka ya sama ice cream?! Jadi insyaAllah gak akan ditolak ide aktivitas yang satu ini. Si kecil diminta untuk menempelkan dot sticker sesuai denga jumlah angka yang tertulis. Jangan lupa diberi instruksi dulu ya!

(Baca Juga: Ide Belajar Menggunakan Dot Sticker)

4.  Hitung dan Parkir Mobilnya

Hitung garisnya lalu parkirkan mobilnya
Hitung garisnya lalu parkirkan mobilnya

Percaya atu enggak, diy mainan berhitung yang satu ini masih Raka mainin loh sampe sekarang. Karna memang sengaja saya laminating supaya awet. Gak perlu printable ya, karna buatnya gampang banget. Si kecil diminta menghitung jumlah garis di salah satu area parkir lalu memakirkan mobil yang tertulis angka yang sesuai.

5.  Temukan dan Tandai Angkanya

mark the number
mark the number

Aktivitas yang satu ini bisa disesuaikan dengan kemampuan mengenal angka si kecil ya buibuk, karna kebetulan Raka sedang belajang angka puluhan maka saya buatkan yang seperti di gambar. Jika gak ada pins magnetic, bisa menggunakan pom-pom, dot sticker, batu atau kancing baju.

6. Rumah Angka

Di mana rumah ku??
Di mana rumah ku??

Masih menggunakan kertas origami, ide belajar ini mampu bikin Raka mengulangnya sampai 4 kali saking serunya. Buibuk bisa bebas membuat bentuk/motif yang digambar ya, jangan lupa menggunakan spidol permanent agar tidak mudah terhapus ketika disentuh.

7. Ikuti garisnya

follow the line number
follow the line number

Jika biasanya kegiatan tracing atau mengikuti garis itu dengan menggunakan alat tulis, saya mencoba mengubah media belajarnya yakni dengan menggunakan beragam material seperti kancing dan batu berwarna untuk menyusunnya di atas garis angka tertentu.  Angkanya sendiri saya tulis diatas plastik (transparan) laminating dengan menggunakan spidol permanent.

BACA JUGA :  MONTESSORI AT HOME: Free Printable Replika Block/Lego Duplo

8. Ayo Tiru Angkanya

Samakan angkanya
Samakan angkanya

Memanfaatkan tutup botol susu dan kardus bekas, buibu bisa membuat mainan edukasi yang satu ini. Saya juga melaminating potongan kertas yang dipakai untuk menulis angka yang ingin ditiru, atau dilapisi lakban transparan juga bisa ya. Si kecil diminta untuk meniru atau meletakkan angka yang tertulis.

(Baca Juga: Ide Belajar Mengenal Alfabet)

9. Count and Match the Monsters Eyes

Hitung dan tempel
Hitung dan tempel
Hitung mata monster yang lucu
Hitung mata monster yang lucu
Hitung dan pasangkan legonya
Hitung dan pasangkan legonya

Ide belajar yang satu ini memanfaatkan tema dan  yang gak pernah bikin Raka bosen, yaitu monsters eyes dan Lego. Karna kami punya banyak stock google eyes, akhirnya saya gunakan untuk menempelnya supaya menjadi mata sebuah monster yang harus dihitung. Lalu tulis angka di bagian lego atau media lainnya, sederhana banget ya gengs?? Nah kalau gak ada google eyes, cukup buat titik titik bulat atau menggunakan dot sticker. Seadanya stock di rumah aja yes xiixxi

***

Sekian ide-ide belajar berhitung yang sudah kami lakukan di rumah, buibuk yang punya ide lainnya boleh ya share di komen. Semoga si kecil bisa segera lancar berhitung, amiiiinnn!!

 

You may also like

1 Comment

  1. Aktivitas anak-anak zaman sekarang tuh seru dan kreatif banget yaaa. Aku yang ngeliatnya aja tuh seneng. Hehe. Semoga bisa membantu untuk lebih kenal angka dan lebih cepet bisa berhitung 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *