Rekomendasi lembar kerja printable anak untuk kegiatan anak sehari hari dimasa pandemi! Mau!?

Halo ayah bunda!! Bagaimana kabarnya hari ini??

Masih semangat menemani kegiatan si kecil bermain di rumah di masa pandemi ini?

Atau udah mulai bingung dan stress nih karna sudah kehabisan ide?! Jangan khawatir, karna ada Mamaibu yang slalu memberikan kalian ide-ide serta kegiatan untuk membantu kalian menghadapi hari-hari yang berat.

Ada banyak orang tua yang ragu untuk menyekolahan anak-anaknya, karna pertimbangan resiko yang sangat besar di masa pandemi ini, tapi dilain sisi..

Anak-anak juga membutuhkan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

Karna alasan itulah kumenghadirkan product-product digital KelanaKids berupa lembar kerja printable anak yang bisa diprint kapanpun kalian membutuhkannya.

Lembar kerja KelanaKids memberikan banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di rumah.

Tidak hanya menyenangkan namun juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan beragam kemampuan yang dimilikinya.

Lembar kerja KelanaKids juga dibuat dengan mengacu pada checklist indikator perkembangan sesuai dengan tahapan perkembangan anak, sehingga tidak memberikan banyak tekanan pada si kecil dalam pengerjaannya.

Aku berusaha membuat desain yang ceria dan lucu khas anak-anak, untuk membuat si kecil mudah tertarik mengerjakannya tanpa paksaan dan tekanan.

Aku juga berusaha agar lembar kerja dari KelanaKids tidak hanya fokus pada pencapaian-pencapaian akademisi anak, melainkan juga menghadirkan lembar kerja yang berisi aspek-aspek pembentukan karakter yang perlu dikenalkan oleh anak.

Misalnya seperti bagaimana cara bersikap ketika bermain bersama, bagaimana cara mengantri, bagaimana pola hidup yang sehat, apa saja makanan yang baik untuk tubuh dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Lembar Kerja Printable Anak Untuk Kegiatan Anak Sehari Hari

Berikut detail produk-produk yang sudah bisa kalian beli melalui Toko Kelana Kids disini ( ps: ada printable gratis juga ) dan juga shopee, silahkan disimak!!

1. Printable Anak Toddler Worksheet 3+ ( Volume 01)

Rekomendasi Lembar Kerja Printable Anak Untuk Kegiatan Anak Sehari Hari Toddler Worksheet 3+ ( Volume 01). Unduh, Download Dan Beli Worksheet Anak Ini Di Toko Kelana Kids.

 

Merupakan produk lembar kerja printable anak pertama yang ku buat berdasar pada checklist indikator perkembangan anak usia 3-4 tahun.

Berdasarkan indikator-indikator di dalamnya.. Aku sengaja tidak menghadirkan kegiatan tracing (menebali) baik huruf maupun angka.

Karna memang kegiatan tersebut belum tepat diberikan untuk anak usia dibawah 5 tahun.

Namun sebagai gantinya, ada banyak sekali lembar kerja yang menyajikan kegiatan-kegiatan pra-menulis, pra-membaca juga pra-matematika sederhana.

Terdiri dari 50 lembar kerja dengan aktivitas menarik garis, berhitung, mewarnai mengelompokkan, mencocokan, menggunting, menempel, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  FREE PRINTABLE: Daily Planner for Kids

Kegiatan-kegiatan dalam lembar kerja volume 1 ini sangatlah ringan, sehingga masih sangat boleh untuk dikenalkan pada anak berusia 2 tahun keatas.

Namun perlu diingat bahwa dalam mengenalkannya harusnya dengan cara yang menyenangkan, orang tua juga tidak boleh mewajibkan anak di bawah 3 tahun untuk dapat menguasainya.

Klik disini untuk detail produk serta pembelian KelanaKids Toddler Worksheet 3+ ( Volume 01 ) dengan beragam metode pembayaran.

2. Printable Anak Worksheet Maze Games ( Labirin )

Rekomendasi Lembar Kerja Printable Anak Untuk Kegiatan Anak Sehari Hari Maze Games ( Labirin ). Unduh, Download Dan Beli Worksheet Anak Ini Di Toko Kelana Kids.

Satu set lembar kerja printable anak Maze Games ini kubuat melalui observasiku pada Caraka yang terlihat sangat tertarik dalam bermain labirin, bahkan diusianya yang masih 2 setengah tahun.

Dan ternyata kegiatan menemukan jalan pada labirin menjadi suatu hal yang menyenangkan untuknya.

Ada pencapaian tersendiri yang membuatnya puas ketika berhasil menemukan jalan yang benar.

Karna ketertarikannya pada labirin, akhirnya aku rutin memberikan lembar kerja yang bertema labirin.

Dan sampai berlembar-lembarpun, Raka nggak bosan untuk mengerjakannya.

Sehingga jadi salah satu kegiatan praktik untuknya berlatih memegang alat tulis.

Aku ingin orang tua sadar bahwa untuk berlatih menulis, anak gak perlu hanya selalu menebali huruf yang menurutku terlalu sulit untuk usia di bawah 5 tahun.

Kegiatan menulis huruf dan kata adalah kegiatan yang seharusnya diberikan pada anak usia di atas 6 tahun.

Toh hanya dengan menarik garis di lembar labirin, anak juga dapat belajar melatih koordinasi mata, tangan serta konsentrasinya.

Dalam satu set Maze Games ini terdiri dari 12 lembar maza/labirin yang dapat dimainkan si kecil.

Klik disini untuk detail produk serta pembelian KelanaKids Maze Games dengan beragam metode pembayaran.

3. Lembar Kerja Anak Animal Word Match

Lembar Kerja Anak Animal Word Match
animal word match

Di dalam paketan lembar kerja printable anak animal word match ini, anak diajak untuk bermain sambil belajar mengenal dan mengidentifikasi beragam nama hewan.

Games ini terdiri dari kegiatan mencari, membuat/membentuk/menulis huruf juga menebali nama hewan tertentu.

Terdiri dari 1 alas kerja, 12 gambar hewan real serta 12 karna nama hewan yang bisa ditebali.

Cara penggunaannya, pendamping  atau anak meletakkan terlebih dahulu salah satu foto hewan ke dalam kotak kecil yang tersedia (di alas kerja yang sudah dilaminasi).

Kemudian jawab pertanyaan ” Nama hewan ini diawali dengan huruf?” dengan cara menuliskan huruf menggunakan spidol coret-hapus, atau membentuk sebuah huruf menggunakan playdough atau langsung meletakkan satu huruf tersebut menggunakan moveable alphabet.

BACA JUGA :  Era Digital Untuk Caraka

Selanjutnya, ajak anak menemuka nama dari hewan tersebut kemudian tebali hurufnya.

Lembar kerja yang satu ini menjadi salah satu trik untuk mengajak si kecil mau belajar menebali huruf dengan cara yang berbeda dan menyenangkan.

Karna banyak anak yang menolak untuk menebali banyak huruf tanpa ada kegiatan yang entertaining untuknya.

Klik disini untuk detail produk serta pembelian Animal Word Match dengan beragam metode pembayaran.

4. Lembar Kerja Printable Anak : Tracing Pack Fonik ABC

Lembar Kerja Printable Anak : Tracing Pack Fonik ABC
Promo worksheet (5)

Meskipun ada beberapa anak yang tidak tertarik pada lembar kerja printable anak yang penuh dengan garis putus-putus, pada kenyataannya aku mendapat banyak request dari ibu-ibu yang anaknya justru sedang sangat menyukai kegiatan yang satu ini.

Semakin membuktikan ya betapa beragamnya ketertarikan setiap anak, jadi nggak bisa dipukul rata mengenai apa yang sedang mereka sukai.

Tracing pack ini justru worksheet pertama yang pernah aku buat sebelum membuat worksheet-worksheet lainnya.

Dibuat ketika Raka sedang belajar mengenal fonik ABC, sebagai kegiatan pra-membacanya.

Worksheet dibuat berwarna hitam-putih agar bisa diwarnai anak, huruf besar dan kecil yang harus ditebali, dilengkapi juga dengan fitur menemukan suatu huruf tertentu di bagian bawahnya.

Terdiri dari 30 lembar kerja, dengan 4 lembar kerja yang berisi tahapan menebali simbol serta garis sederhana sebagai tahapan pra-menulis.

Klik disini untuk detail produk serta pembelian Tracing pack Fonik ABC dengan beragam metode pembayaran.

5. Lembar Kerja Printable Anak Toddler Worksheet 4+ ( Volume 02)

Sebagai tahap lanjutan dari worskheet volume o1, di volume 02 lembar kerja printable anak ini dibuat berdasar pada checklist indikator perkembangan anak usia 4 – 5 tahun.

Berbeda dengan volume 1, di volume 2 ini sudah ada lembar kerja menebali garis berupa fonik bahasa Indonesia dari A-Z.

Semua lembar kerja ini berisi aspek yang memang perlu diasah pada anak usia 4-5 tahun keatas, meski demikian worksheet ini tetap boleh dipergunakan untuk anak-anak dibawah 4 tahun yang memang tertarik untuk mempelajarinya, dengan catatan orang tua tidak mewajibkan anak untuk menguasainya.

Sama dengan volume sebelumnya, di volume 2 ini juga terdiri dari 55 lembar termasuk cover dan parents guide.

Klik disini untuk detail produk serta pembelian Toddler worksheet 4+ ( Volume 02 ) dengan beragam metode pembayaran.

BACA JUGA :  Ide Aktivitas Belajar Tentang Organ Tubuh Manusia, Free Printable!

6. Printable Tematik Mengenal Indra

Berisi 25 lembar kerja printable anak yang membantu anak untuk mengenal kelima indranya dengan lebih baik.

Terdapat juga banyak aktivitas menarik garis, mengelompokkan dan percobaan sederhana tentang indra.

Seri Panca Indra ini bisa dikenalkan mulai usia 2 tahun, dimana usia tersebut anak sedang perlu banyak mengeksplore kelima indranya.

Klik disini untuk detail produk serta pembelian Printable Tematik Mengenal Indra dengan beragam metode pembayaran.

7. [ Seri Printable Anak Toddler Worksheet ] 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku

Beberapa Contoh Beli, Download [ Toddler Worksheet Kelana Kids ] Lembar Kerja Anak 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku sekarang! Untuk kegiatan anak selama puasa.
Beberapa Contoh Beli, Download [ Toddler Worksheet Kelana Kids ] Lembar Kerja Anak 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku sekarang! Untuk kegiatan anak selama puasa.
Menjelang bulan suci ramadhan aku yakin banyak ibu-ibu yang mencari ide aktivitas yang bisa dilakukan bersama si kecil. Dan [ Seri Toddler Worksheet ] 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku bisa memberi jawaban atas pencarian itu.

Berbeda dengan worksheet-worksheet sebelumnya yang lebih segmented, worksheet printable Anak bertema ramadhan ini bisa digunakan anak-anak mulai usia 2 tahun (dengan banyak bantuan pendamping) sampai dengan anak usia 8 tahun.

Perbedaan lainnya ada pada materi yang ada di dalam worksheet dan aspek yang tidak berfokus pada kemampuan akademis saja, melainkan juga terfokus kepada pengenalan Agama dengan aktivitas yang menyenangkan.

Jadi, kalian pada worksheet yang ini Anda tidak akan menemukan lembar berhitung yang menantang, tracing huruf yang panjang, serta kemampuan akademis lainnya.

Karena tujuan dari worksheet ini agar anak-anak tidak hanya mengasah kemampuan akademisnya saja, namun juga melatih dan mengembangkan akal budinya (spiritual) juga.

Beberapa materi yang adai dalam worksheet ramadhan ini berhubungan dengan pengetahuan seputar islam sepert; apa itu rukun islam, bagaimana adab puasa, apa saja hidangan berbuka khas Indonesia, dan masih banyak lagi.

Pada worksheet ini juga akan memberikan ruang untuk anak berkreasi membuat hiasan dinding bertema ramadhan, mengisi ramadan chart, mencocokan surat pendek bahkan permainan ular tangga betema islami!

[ Pastikan kalian sudah download Printable Gratis 30 Topik Harian Ramadhan disini ], sebelum membeli [ Seri Toddler Worksheet ] 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku ini.

Karena materi serta aktivitas di dalam worksheet ini banyak memiliki tema yang sama. Meski ini dibuat khusus untuk bulan ramadhan, namun juga cukup cocok untuk pengenalan terhadap dunia islami pada anak sejak dini.

PS: Selain menulis blog,  Mama ibu juga suka berbagi di Instagram @putrinyanormal, jadi mampir juga kesana ya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *