Halo buibuk, gimana nih kabarnya? Masih sane menghadapi karantina yang hampir 2 bulan?! Hihi semangat ya, badai (pandemi) pasti berlalu. Yang gak boleh redup juga semangatnya, tentu dalam membersamai si kecil belajar di rumah. Meskipun sometimes ada hari-hari yang begitu berat, harus ingat bahwa anak yang aktif pertanda anak yang sehat walafiat. Nah karna daku amat sangat mengerti apa yang kalian rasakan, jadi seperti biasa mamaibu akan membagi hal yang pastinya kalian butuhkan. Semoga bisa menyelamatkan hari-hari buibuk semua yaaa..

Seperti yang saya share di Instagram, saya lagi buat project pribadi nih yaitu membuat pattern replika balok kayu yang bisa menjadi tantangan sekaligus melatih motorik halus Raka di rumah. Super-duper repot banget, tapi bukan berarti gak bisa kalian buat sendiri juga di rumah ya?! Step-stepnya bisa kalian ikutin sebagai berikut:

Pertama foto bentuk replika yang diinginkan di atas alas/background berwarna putih, lalu diedit supaya lebih terang, kemudian saya susun semua menjadi satu dengan Ms. Ppoint dan mengconvertnya menjadi file PDF, setelah itu bisa dicetak/print, gunting sesuai ukuran yang diinginkan, laminating, lalu gunting kembali. Kalau mau paperless tentu cukup memakai softcopynya saja, jadi si kecil bisa meniru pola menggunakan media layar tablet/pc/hp. Baik file JPEG dan PDF akan saya bagikan di akhir artikel,

16 replika gambar yang diprint bolak-balik
16 replika gambar yang diprint bolak-balik

Ada 16 bentuk yang saya foto, tapi saya sengaja melaminatingnya secara bolak/i supaya menghemat si plastik laminating yang stocknya hampir habis di rumah xixixii. Beberapa bentuk tidak saya beri nama karna bentuknya yang entah apa hahahaha, tapi yang lain bentuknya berupa kendaraan, hewan dan bangunan.

BACA JUGA :  MONTESSORI AT HOME; Asiknya Belajar dengan Konsep Small World
Balok Bangun 42s yang Raka punya di rumah
Balok Bangun 42s yang Raka punya di rumah

Gambar diatas merupakan tipe balok kayu yang kami gunakan di rumah, akan sangat menyenangkan serta berfaedah sekali (postingan ini) jika kalian punya balok yang sama dengan yang satu ini. Tapi kalo beda, bisa dibuat sendiri dengan step-step yang saya bagikan di atas tadi ya!

replika hewan siput
replika hewan siput

Beberapa replika tidak bisa dibangun dengan cara menumpuknya atau berdiri, salah satunya bentuk siput ini ya gengs. Tapi tetap bisa diikuti dengan cara meletakkan diatas alas kerja/meja. Tapi Hamdallah raka tetap enjoy karna gak pernah menyangka kalau balok-balok miliknya ternyata bisa dibentuk beragam hewan dan kendaraan. Karna kan biasanya main random ya hihihi

(Download Juga: Free Printable Replika Block/Lego Duplo)

Cara menyimpannya
Cara menyimpannya

Terakhir yang gak kalah penting, ini cara saya menyimpan gambar replikanya. supaya Raka bisa secara mandiri memainkannya tanpa perlu bingung mencari replikanya. Untuk kantong penyimpanannya bisa menggunakan zipper plastik atau pouch kecil ya buibuk. Sekian tips, tutorial serta free printable dari saya ini, semoga bermanfaat!!

DOWNLOAD REPLIKA BALOK KAYU DISINI

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *