Mungkin beberapa dari kalian bingung kenapa kok artikel-artikel aktivitas anak yang saya posting dikasih judul ‘ide belajar’ padahal keliatannya adalah sebuah ide bermain?! Muihihi Sebab kalian harus tau bahwa dengan bermainlah cara seorang anak bisa belajar. Jadi bisa dibilang anak yang sedang bermain adalah anak yang sedang mempelajari sesuatu, sedang menuntut ilmu.

Dengan bermainlah mereka bisa melatih banyak kemampuan yang nantinya mereka pakai like survival skill. Sesederhana menggenggam pasir, sudah mampu merangsang motorik halus indera perabanya. Makanya ada isitilah “play is the work of the child” bermain adalah cara kerja seorang anak.  Jelas berbeda dengan orang dewasa yang hanya bermain ketika ada waktu luang, seorang anak bisa dan ingin bermain sepanjang waktu.

Nah kalau ide belajar yang saya share kali ini, gak cuma bisa mengasah motorik halusnya tapi juga sederhana dan menyenangkan. Jadi anak-anak pasti suka dan gak akan nolak untuk bermain. Pom pom sendiri jadi salah satu material belajar yang selalu ada di rumah kami, karna selain gak mahal, ada banyak banget ide belajar sambil bermain menggunakan pom pom yang warnanya menggemaskan ini. Berikut beberapa ide atau aktivitas belajar menggunakan pom pom:

1. Membuat Domba

Gemasssh over load!!
Gemasssh over load!!

Pernah nonton animasi Shaun the Sheep dong?! Nah tokoh si domba itulah yang bisa kita buat dengan pom pom berwarna putih. Buatnya mudah banget karna cuma butuh pom pom putih, lem (UHU), kertas karton hitam dan kardus sebagai alasnya. Selamat mencoba ya!

2. Sorting Color menggunakan Egg Carton

Mengelompokkan warna di papan telur
Mengelompokkan warna di papan telur

Dengan memanfaatkan egg cartoon yang gak terpakai, buibuk bisa memberikan sedikit coretan warna dengan spidol di bagian dasarnya. Sehingga si kecil bisa meletakkan pom pom sesuai dengan warnanya. Supaya lebih seru dan tenu saja bermanfaat, ajak anak untuk menggunakan tweezers/pinset atau chopstick/sumpit untuk memindahkan pom pom tersebut. Jadi sambil belajar warna, bisa melatih sensor motorik halusnya juga loh!

BACA JUGA :  DIY Toddler Busy Box, Kegiatan Seru Untuk Anak

3. Mengubah Pom Pom menjadi Kuas untuk Membuat Pelangi

Menyulap pom pom menjadi kuas mewarnai
Menyulap pom pom menjadi kuas mewarnai

Jika belum punya dot marker di rumah, jangan sedih ya karna kita bisa memanfaatkan pom pom sebagai gantinya. Dengan menjepit pom pom dengan wooden clip atau jepit kayu, si kecil bisa membuat prakarya yang cantik seperti pelangi pada gambar. Jangan lupa untuk menggunakan pasta warna sebagai medianya.

4. Menyortir Warna dan Memasukkan ke Dalam Botol

Memasukkan pom pom ke dalam botol menggunakan tweezer
Memasukkan pom pom ke dalam botol menggunakan tweezer

Anak mana sih yang gak suka memasukkan sesuatu ke dalam botol?! Kayaknya semua anak-anak pasti suka ya?! Nah buibuk bisa mengumpulkan botol-botol bekas yang kemudian ditempelkan kertas berwarna, selanjutnya ajak si kecil untuk memasukkan pom pom sesuai dengan warnanya. Gunakan tweezer atau chopstick agar lebih menyenangkan.

5. Menjadi Media Losing Part Game

Mencocokan huruf bermagnet menggunakan magnetic wand
Mencocokan huruf bermagnet menggunakan magnetic wand

Menumpahkan banyak pom pom ke dalam suatu wadah, bener-bener trik yang sangat ampuh untuk menarik perhatian si kecil, nah buibuk bisa memanfaatkannya untuk menciptakan kegiatan berburu atau menemukan sesuatu. Misalnya huruf da angka, atau potongan puzzle juga bisa ya mom!

6. Follow the Pattern Dots

Follow the pattern
Follow the pattern

Dengan memanfaatkan bekas wadah plastik donat tak terpakai, saya mengajak raka untuk mengikuti pattern yang sudah saya buat menggunakan dot marker. Bisa menggunakan spidol atau media menggambar lainnya jika tidak ada dot marker ya!

7. Mencocokan Warna dengan Lego Block

Follow the Lego
Follow the Lego

Super simple preparation nih, cukup ambil beberapa pieces Lego lalu ajak si kecil untuk meletakkan pom pom sesuai dengan warnanya di bagian belakang lego. Meskipun terlihat sederhana, tapi kegiatan ini bisa melatih kesabaran loh. Karna pom pom mudah terjatuh dari lubang yang ada di lego.

8. Membuat Pelangi

rainbow pom pom
rainbow pom pom

Jangan buang kardus bekas di rumah ya ibuk, karna ada banyak sekali ide belajar yang bisa dibuat dari selembar kardus bekas. Salah satunya mainan pelangi yang bisa di isi sama pom pom ini, hasilnya akan sangat gemas untuk menjadi pajangan di kamar.

BACA JUGA :  Free Printable; Pizza Letter Matching, Bisa Jadi Kegiatan Mengenal Alfabet

***

Sekian Ide Belajar Menggunakan Pom Pom dari saya, akan terus saya update jika ada ide belajar lainnya menggunakan pom pom. Kalian yang mungkin punya ide belajar lainnya, silahkan berbagi di kolom komentar ya. Yakin nih gak mau restock pom pom di rumah? Ixixiixxi see you on the next article!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *