Introducing our new member family…. Setelah penantian panjang, finally tangga brakiasi dari Ashkids Official ini datang juga!! Semoga bisa menjadi media sekaligus teman bertumbuh Raka hingga ia besar nanti. Amiiinnn! Di blogpost kali ini saya mau berbagi banyak hal tentang Tangga Brakiasi, yang ternyata artikelnya masih sedikit banget padahal manfaat dari media yang satu ini tuh banyak sekali untuk tumbuh kembang anak. Jadi kalian yang mampir kesini, silahkan share artikel ini kalo bisa di viralkan yaaaa hhahahha. Sebelum saya ceritain tentang bagaimana akhirnya kami memutuskan untuk beliin Raka Tangga Brakiasi, saya bakal ajak kalian kenalan dulu ya.

Jadi apa sih sebenarnya Tangga Brakiasi (Brachiation Ladder) ini, serta apa aja manfaatnya?!

Brakiasi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cara gerak orang utan dan jenis kera lainnya dengan menggelantung pada cabang pohon dan mengayunkan tubuhnya ke depan dengan bantuan lengan. Jadi ya seperti namanya, brakiasi, mainan ini didesain untuk brakiasi/bergelantungan sehingga mampu melatih otot dan ketangkasan anak. Manfaat lainnya yakni untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, mengontrol keseimbangan, kreativitas, percaya diri, strategy, problem solving, fokus/konsentrasi dan masih banyak lagi.

Metode pengasuhan yang memanfaatkan brakiasi sebagai media stimulasi anak adalah metode Glenn Doman dan montessori. Brakiasi juga biasa disebut sebagai Jungle gym atau Monkey bar.

Monkey bar, atau tangga brakiasi menurut Glenn Doman, bukan sekadar aktivitas meluncur. Namun jauh lebih dari itu. Brakiasi adalah alat yang sangat berguna dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otak dan tubuh, karena ia mampu membangun paru-paru serta memperkuat tubuh bagian atas. Sama dengan aktivitas menaiki tangga dan setiap gerakan anak menggunakan alat ini, mampu memperkuat jalur sel saraf yang menghubungkan kedua sisi otak. Hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis di masa depan (serta banyak ketrampilan lainnya).
.

Keceriaan raka dan teman-temannya
Keceriaan raka dan teman-temannya

 “Menjadi orang tua adalah tentang mempersiapkan. Akan memastikan bahwa mereka siap. “- @najelaashihab

Dalam buku A Moving Child is a Learning Child menyatakan “Memanjat, menggantung, mengayun, dan aktivitas berenergi tinggi lainnya yang membangun kekuatan di tubuh bagian atas dan otot inti adalah prekursor penting untuk keterampilan motorik halus”. (McCarthy, C. Connell, G. hal.236).

BACA JUGA :  DIY Toddler Busy Box, Kegiatan Seru Untuk Anak

Pada pertumbuhan si kecil, ada otot-otot yang lebih besar dulu yang butuh distimulasi sebelum fokus ke otot halus. Anak-anak sangat butuh terlibat dalam gerakan aktif dengan begitu pikiran, tubuh dan tangan dapat selalu terlatih untuk bekerja sama (kemampuan mengkoordinasi). Gak kebayang kalau Raka harus kehilangan kesempatan tersebut. That’s why, Tangga Brakiasi ini merupakan upaya kami mengembalikan hak-nya untuk bergerak secara aktif di masa pandemi. Bismillah….

Stimulasi fisik si Kecil seperti bermain brakiasi/monkey bar, merangkak, wall climbing, atau bermain dengan halang rintang berfungsi untuk mengoptimalkan kehebatan fisik, juga akal dan sosial si Kecil. Metode ini juga dikembangkan oleh Glenn Doman yang fokus pada stimulasi panca indra serta gerakan berdasar perkembangan syaraf yang merupakan gerakan yang dirancang khusus untuk menyiapkan fondasi, untuk mengembangkan ketrampilan bagi anak-anak belajar.

Yang kini jadi mainan terbaik di rumah
Yang kini jadi mainan terbaik di rumah

Mereka yang sedang bermain namun sebenarnya sedang belajar banyak hal :))

Kenapa akhirnya memutuskan mengadopsi Brakiasi dari Ashkids??

Sejujurnya memfasilitasi Raka Brakiasi itu gak masuk dalam rencana pengasuhan kami, karna kebutuhan gerak ia selama ini sangat cukup kami kasih ketika keluar rumah atau traveling(sambil qerja) yang hampir setiap minggu. Guling-gulingan di pasir, basah lepek di pinggir pantai, main di sawah, mendaki gunung melewati lembah, manjat-manjat pohon, koprol di kereta api, bus, bandara, juga playground di berbagai destinasi. Saking seringnya traveling (karna bagian dari pekerjaan) kami bahkan sempat memutuskan untuk Travelschooling. Tapi yanamanya manusia kan cuma bisa berencana, dan rencana memenuhi kebutuhan bergerak aktif di luar belum bisa kami berikan lagi ke Raka. Sadly gak tau sampai kapan karna prediksinya sektor pariwisata baru bisa bangkit 3 tahun mendatang hikss.

Meskipun gak harus traveling, tapi bawa ke playground di mall sama aja membahayakannya. Duh gak bisa ngebayangin deh kalo harus melepas ia main di playground yang jelas dipake banyak orang, darimana-mana pula. Gak pandemi aja suka worry sama kebersihannya apalagi pandemi huhu HORORR!! Tapi gimana dong, Raka terus bertumbuh.. perkembangannya yang bagai kecepatan cahaya gak bisa cuma menunggu sampai pandemi berakhir. Usianya sekarang adalah masa dimana ia butuh terus bergerak secara aktif, jadi aku rasa membawa media-nya (yakni brakiasi) ke rumah adalah jawabannya. Harus ada media yang bisa membuat Raka bisa kembali bergerak aktif, tanpa harus keluar rumah atau membahayakan jiwanya.

BACA JUGA :  FREE PRINTABLE: IDE BELAJAR BERTEMA MONSTER

Sebelumnya, Sarah yang merupakan sohib dari SMP yang sekarang jadi temen diskusi per-parentingan ,udah keduluan membeli Brakiasi di Ashkids  untuk 2 gadis kecilnya bergerak aktif di rumah. Dikiriminlah kami foto dan video mereka bermain di dalam rumah yang bikin saya mupeng, mengingat Raka yang hobi banget manjat-manjatin jendela di kamar. Setelah itu tanpa babibu aku langsung mengontek mba Icha yang merupakan owner langsung dari Ashkids, and I think it’s the best decision I ever made in my parenting journey ❤️

All parts are full of love..

Mendengar sendiri kualitas produknya dari Sarah, akhirnya saya request untuk dibuatkan tipe yang sama yakni tipe A. Tapi setelah dikasih masukan sama mba Icha tentang tipe seperti apa yang cocok untuk Raka, sayapun jadi berpaling hahhaha. Jadi kebablasan request untuk ditambah tingginya sampai 1,5 meter dan ditambahin slider. Hasil diskusipun memutuskan untuk membuatkan Raka Brakiasi yang tipe C. Asik ya, karna handmade bukan buatan pabrik jadi kita bisa request sesuai dengan kebutuhan si kecil. Raka suka hal yang menantang, makanya saya nekat request yang tingginya 1,5 meter. Hamdallah banget karna dikabulkan sama team AshKids ❤️

Keluarga kecil mba Icha yang juga memiliki dua anak pasti memahami jelas akan kebutuhan gerak pada anak, itulah kenapa saya percaya banget akan proses dan hasilnya nanti. Karna sadar bahwa Brakiasi ini nantinya bakal jadi media yang berumur panjang sampai Raka beranjak besar, saya gak mau sembarangan untuk asa memilih. And this is it hasilnya…

Detaik Tangga Brakiasi Tipe C dari AshKids
Detail Tangga Brakiasi Tipe C dari AshKids
Sefruit pekerjaan yang riweh tapi sewruuuu
Sefruit pekerjaan yang riweh tapi sewruuuu
Raka yang lagi seruis bantu merakit brakiasi
Raka yang lagi seruis bantu merakit brakiasi

Gak nyangka bakal se-adorable ini, padahal udah menempuh jarak Bandung-Blitar. Tapi landing dengan mulus tanpa cacat sedikitpun, karna packaging yang luar biasa safe! Setiap part dibungkus dengan bubble-wrap super banyak, saking banyaknya sampe bisa dibikin trampolin buat Raka lompat-lompat hahaha. Gak kebayang effortnya ketika ngebungkusin, Daebak sekali pokoknya. Cara merakitnya gak susah sama sekali, karna mereka sudah memberikan banyak sign (a-b-c-d) tentang bagian mana yang harus digabungkan. Seriuuss deh malah lamaan ngelepasin bubble-wrapnya dibanding ngerakitnya wkwkkwk

BACA JUGA :  Asiknya Membuat Handmade Montessori Toys

Ketika paket dari Indah Cargo datang, saya lagi di dapur dan denger Raka teriak-teriak dengan heboh. Karna sebelumnya saya bilang kalo ada telpon dari bapak paket yang mau anter mainan, trus auto nungguin deh di depan pager. Kaget gitu karna ukurannya yang besar banget, hihihi Masyaallah sesuai taglinenya nih Ashkids=Happy Kids ❤️.  Tanpa babibu langsung kami unboxing yang saking semangatnya

Berikut spesifikasi dan ragam tipe Brakiasi dari AshKids yang kualitasnya gak kaleng-kaleng:

– Tipe A
Harga :
Rp. 2.200.000 (Hanya Brakiasinya saja)
Rp. 3.100.000 (Fullset)
Dimensi : 100*100*130 (bisa downgrade/upgrade dimensinya)
Bahan : Kamper samarinda oven/borneo
Finishing : Natural/Plitur

– Tipe B
Harga :
Rp. 2.900.000 (hanya tangga)
Rp. 3.800.000 (Fullset)
Dimensi : 100*100*130 (bisa downgrade/upgrade)
Bahan : Kamper samarinda oven/borneo
Finishing : Natural/Plitur

– Tipe C (punya Raka)
Harga :
Rp. 2.700.000 (Hanya tangga)
Rp. 3.600.000 (Fullset)
Bahan : Kamper samarinda oven/borneo
Finishing : Natural/Plitur

* Accessories
Slide (bahan kayu pinus belanda)
Rope/spider web (bahan nylon)
Rope Ladder / tangga gantung (bahan duren/borneo, tali nylon)
Swing/ayunan (bahan pinus belanda)
Wooden rings (bahan mahoni/kamper samarinda, tali nylon)

PS: Harga bisa berubah menyesuaikan permintaan accessories yg diminta (harga yg tercantum hanya harga tanggnya saja/fullset)

unakan kode voucher ini untuk dapetin diskonnya :))
unakan kode voucher ini untuk dapetin diskonnya :))

Seperti yang saya bilang sebelumnya, bahwa Brakiasi yang diproduksi AshKids Official bisa custom atau disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Beberapa teman banyak yang bertanya tentang berapa space yang diperlukan di dalam rumah untuk brakiasi ini?! Nah kalau ini bisa langsung cuss kontek AshKidsnya aja ya gengs, karna kalian juga bisa request kok butuhnya berapa dimensi yang mau dibuat. Untuk melihat katalognya secara lengkap bisa kunjungi akun instagramnya di @AshKidsOfficial atau klik disini. Ada voucher belanja yang bisa kalian pakai untuk dapetin potongan 100ribu, atau req Arisan juga silahkan diskusi sama mba Icha ya hihi. Semoga kalian juga bisa memetik manfaat dari brakiasi seperti kami, Amiiinnn!!! Next artikel saya bakal bagikan ide bermain dengan brakiasi ya, see you!!!

 

 

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *