Kawasan nol kilometer Jogja atau Kota Yogyakarta adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Yogyakarta atau kota-kota lain di luar Yogyakarta.

Kawasan ini berada di ujung selatan Jalan Malioboro, tepat banget kalau menikmatinya ketika sore-sore menjelang malam.

Kebetulan kami berkunjung selepas melihat-lihat koleksi dari Museum Vredeburg yang memang berada di kawasan Titik Nol Kilometer.

#LiburanDiYogya : Jalan-Jalan Sore Di Kawasan Nol Kilometer Jogja

Menyenangkan sekali JJS disini looh

Menjelang matahari terbenam di depan gerbang museum malah tambah ramai oleh para muda-mudi.

Ketika keluar jalan suasana menjadi lebih meriah karena banyak pedagang kaki lima yang menggelar lapak di kanan-kiri trotoar.

Eh kirain Malioboro aja yang rame….


8 Tempat Wisata Jogja Dekat Jalan Malioboro! No 7 Gak Boleh Dilewatkan! [Travel Vlog Jogja]
Ternyata tumpah sampai ke jalan ini juga, tapi gak papa deh jadi bisa bebas jajan-jajan di sekitar kawasan Nol Kilometer Jogja.

Yang dijual nggak cuma camilan aja sih, namun juga aksesoris seperti dompet, sandal, gelang tangan sampai kaus-kaus couple yang harganya murah meriah, terus kami beli kaus couplenya dong.

xixixixi!

Ini artinya apa yaaa?! *serius ndak paham*

Baca Juga : #LiburanDiYogya : Di Gumuk Pasir Parangkusumo

#LiburanDiYogya : Jalan-Jalan Sore Di Kawasan Nol Kilometer Jogja

Yah kan kalo pacaran mah dunia serasa milik berdua ;)))

Di sekitar kawasan nol kilometer Jogja ini terdapat banyak bangunan-bangunan sejarah kuno tua dan besar yang merupakan peninggalan dari pemerintahan Belanda.

Kawasan nol kilometer juga menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta karena letaknya yang sangat strategis.

Contonya seperti kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan jalan Wijilan yang tak pernah sepi dan selalu dipadati wisatawan.

BACA JUGA :  Teman Baru Di Pulau Pramuka

Kalau di Jakarta mungkin mirip-mirip Kota Tua dan Pasar Glodok.

#LiburanDiYogya : Jalan-Jalan Sore Di Kawasan Nol Kilometer Jogja

Pkl yang memenuhi kanan-kiri trotoar di dekat kawasan Nol Kilometer Jogja, cus belanja!

Baca Juga : #LiburanDiYogya : Kuliner Khas Jogja Yang Wajib Dicoba

Patung tiga gajah

Hari menjelang malam, tapi saya dan Fahmi makin betah dan enggan untuk beranjak dari kawasan bersejarah ini.

Di kawasan Nol Kilometer Jogja ini kami dapat melihat jelas kehidupan malam mahasiswa, pemuda-pemudi dan masyarakat kota Jogja.

Terlihat ada beberapa komunitas yang berkumpul sekedar untuk mencari inspirasi dan asik bercanda.

Atau kalau kalian mau foto-foto dengan pocong dan kuntilanak juga ada loh disini, saya sih emoh -,-

#LiburanDiYogya : Jalan-Jalan Sore Di Kawasan Nol Kilometer Jogja

Di Jogja juga ada gembok cinta loh

Ada patung tiga gajah yang ekornya saling terkait dengan warna yang mencolok dan dipenuhi coretan, sempat bingung apa maknanya.

Terdapat sebuah prasasti kecil yang bertuliskan “Bertautan, Berkaitan, dan Saling Berhubungan”.

Ada pula keterangan lainnya yang bermakna bahwa masyarakat boleh mencoret-coret sebagai aksi menumpahkan kreasi. Oh panter banyak yang corat-coret….

Tepat di sebrang patung gajah saya baru engeh kalau terdapat bangunan berbentuk hati dari besi, yang ternyata bisa digantungin gembok-gembok cinta.

Hihi lucu yah?! Cuma di sekitar kawasan Nol Kilometer Jogja ada yang seperti ini.

Ya pantes aja kalau banyak pasangan yang wara-wiri dan foto-foto disini, harusnya saya bawa banyak gembok sama spidol terus dijualin deh, demi cinta mereka yang kekal dan abadi pasti laku keras. Muehehehe

Ps: Berlibur di Yogyakarta akan lebih effisien jika menginap di hotel yang berlokasi strategis, nyaman, dan pelayanannya ramah seperti di Hotel Gallery Prawirotaman. Berlokasi di derah Prawirotaman, banyak tempat menarik, kuliner enak dan pusat perbelanjaan berada dekat dengan Hotel Gallery Prawirotaman. Untuk mendapatkan diskon tambahan, pemesanan kamar bisa dilakukan disini.

You may also like

6 Comments

  1. aah bagus amat fotonya..
    oiya, patung2 atau instalasi seni di titik nol itu sering diganti lho mbak jd ga cuma gitu terus.. ga tau sih berapa kali dlm setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *