Anak tumbuh begitu cepat, dan seiring berjalannya waktu, kita menyadari bahwa mereka sudah bukan anak kecil lagi. Perubahan tersebut terasa begitu tiba-tiba dan membuat kita terkejut, seolah-olah semalam saja mereka masih kecil dan manja.

12 Tanda Anak Sudah Bukan Anak Kecil Lagi

Namun, berikut adalah beberapa tanda bahwa anak kita sudah memasuki masa remaja seperti tertulis di putrinyanormal.com:

  • 1/12 – Saat ukuran bajunya atau sepatunya sudah sama atau bahkan lebih besar dari kita, ini adalah pertanda bahwa mereka sudah tumbuh dengan cepat dan semakin mandiri dalam memilih pakaian mereka sendiri.
  • 2/12 – Kita tidak lagi ikut campur dalam memilihkan pakaian atau sepatu mereka, sekarang mereka yang mengambil keputusan fashionnya sendiri dan dengan bangga menunjukkan kepada kita.
  • 3/12 – Mereka sudah memiliki akun media sosial sendiri, dan kita harus mengawasi aktivitas mereka untuk memastikan mereka menggunakan media sosial dengan bijaksana.
  • 4/12 – Kita menjadi lebih berhati-hati dalam berbagi cerita tentang mereka di media sosial kita, karena mereka sudah bisa membaca dan merespons apa yang kita tulis.
  • 5/12 – Mereka mulai menolak untuk dipegang tangan saat berjalan-jalan atau dicium di depan umum, ini adalah pertanda bahwa mereka mulai merasa malu dengan kasih sayang orang tua.
  • 6/12 – Kita bisa tidur dengan tenang karena mereka sudah mandiri dan tidak lagi membutuhkan perhatian konstan.
  • 7/12 – Mereka mulai memiliki rencana akhir pekan mereka sendiri dan kita yang harus menyesuaikan jadwal kita dengan mereka.
  • 8/12 – Kita mulai merasakan perubahan aroma di kamar mereka, dari aroma bayi menjadi aroma remaja yang lebih dewasa.
  • 9/12 – Kita menjadi lebih khawatir ketika mereka pergi lama, dan ingin tahu dengan siapa mereka berbicara atau apa yang mereka lakukan di luar rumah.
  • 10/12 – Cara mereka meredakan emosi juga berubah, mereka tidak lagi tergoda dengan mainan atau cokelat, melainkan lebih suka berbicara dan mendiskusikan masalah mereka.
  • 11/12 – Kita merindukan momen saat mereka mengatakan “I Love You, Mommy” sambil memeluk kita, karena saat ini mereka lebih jarang menunjukkan kasih sayang seperti itu.
  • 12/12 – Meskipun kita merasa bahagia melihat mereka tumbuh dan berkembang, kita juga merasa sedih karena menyadari bahwa mereka sudah bukan anak kecil lagi. Namun, ini adalah bagian dari proses alami, dan kita harus siap untuk memberikan dukungan dan cinta kepada mereka saat mereka memasuki masa remaja.
BACA JUGA :  MONTESSORI AT HOME: Ide Kegiatan Belajar Tentang Sampah

Jadi, nikmatilah setiap momen bersama mereka dan tetap menciptakan bonding yang kuat dengan mereka, karena seiring berjalannya waktu, mereka akan semakin mandiri dan mulai menjalani hidup mereka sendiri.

Ingatlah bahwa perubahan ini adalah bagian dari pertumbuhan mereka, dan sebagai orang tua, kita harus selalu siap untuk mendukung mereka dalam setiap langkah perjalanan hidup mereka.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *