Alhamdulillah… Finally mainan kolaborasi saya dan Pobee akhirnya launching juga gengsss xixixixi. Mainan yang men- designnya perlu begadang setiap malam ini bener-bener jadi tantangan yang saya ambil secara impulsive banget, as always ya dengan modal nekat hahhaha. Awal pembuatan Fun Shape & Pattern ini adalah buah dari pemikiran  Mbak Anis/ Ibu Binar yang dengan begitu yakinnya mengajak saya untuk berkolaborasi. Saya yang saat ini skill menggambarnya masih pas-pasan merasa terharu dan tertantang banget, thankyou mba Anis!!! Setelah melewati beberapa trial error, Alhamdulillah… insyaallah mainan ini siap untuk memberikan manfaat untuk buah hati kalian.

Yang belum mengenal, Pobee sendiri adalah sebuah ruang cipta dari keluarga kecil (yang biasa disebut) Bapak & Ibu Binar yang passionate dalam hal bermain, bercerita, serta bebikinan. Keluarga kecil yang memiliki harapan untuk bisa bertemu banyak anak dari berbagai daerah di Indonesia untuk menebarkan keceriaan. Kalian bisa menemukannya di akun instagram @Pobee.id ya! Pobee sudah melahirkan banyak sekali media belajar, mulai dari produk new born sampai usia pre-schooler. Jadi ketika saya dihubungi langsung oleh Mba Anis dan diajak berkolaborasi rasanya seperti mimpi, gugup tapi happy! Meskipun proses design cukup menguras waktu dan tenaga, tapi saya tetap senang dan enjoy berkat keterbukaan serta beragam masukan yang diberikan pihak Pobee.

Terus kenapa sih harus tentang bentuk?

Isi set Fun Shape & Pattern
Isi set Fun Shape & Pattern

Jujur, karna menerima banyak pertanyaan dari buibuk tentang ‘harus mulai darimana sih belajarin balita itu?! huruf dulukah? berhitung atau menulis?’ Nah, Fun Shape & Pattern ini adalah upaya saya untuk menjawab kegelisahan ini. Karna pada kenyataannya, belum banyak yang mengetahui tentang manfaat-manfaat jangka panjang dari mengenalkan bentuk pada anak sedini mungkin. Karna kita yang dewasa biasanya skeptis, apa sih yang bisa didapetin anak cuma dari bentuk-bentuk kotak, segitiga atau lingkaran? Mana bisa menambah kemampuan dasar seorang anak?! Eiittsss! itudia yang bakal saya bahas di artikel ini, jadi mohon dibaca baik-baik ya!!

Apa saja manfaat jangka panjang dari belajar mengenal bentuk?

Apa nggak terlalu dini ngajarin matematika ke balita?! Bentuk-bentuk geometri itukan bagian dari matematika?! Nope, pada kenyataannya.. ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan si kecil dari belajar mengenal bentuk (dan warna) selain belajar matematika. Meskipun gak dipungkiri bahwa bentuk adalah salah satu pendekatan terhadap matematika, tapi ada manfaat-manfaat lainnya yang juga perlu kita ambil. Berikut manfaat jangka panjang dari belajar bentuk dan warna:

BACA JUGA :  MONTESSORI AT HOME: Ide Kegiatan Belajar Tentang Sampah

1. Belajar menyortir dan mengategorikan

Belajar logika dengan kegiatan mengulang pola dan mengelompokkan/sorting
Belajar logika dengan kegiatan mengulang pola dan mengelompokkan/sorting

Ketika anak terpapar berbagai macam bentuk dan warna, ia akan belajar memikirkan atribut benda serta mengamati persamaan dan perbedaan dari benda-benda tersebut. Selain mereka dapat mengetahui nama dari setiap warna dan bentuk, kegiatan ini juga dapat membantu mereka untuk mengembangkan pemikiran logis yang mereka perlukan untuk memecahkan masalah (problem solving). Misalnya; wah ternyata disebut segitiga karna punya 3 sisi, dan disebut persegi panjang karna punya sisi yang panjang ——-> bentuk pemikiran logis yang dapat terbentuk pada anak. Fun Shape & Pattern yang memberikan kesempatan anak untuk dapat menyentuh setiap bentuk secara langsung, tentu mampu menstimulasi lebih efektif.

2. Mengenal huruf dan angka

Melatih fokus dengan memperhatikan bentuk dan warna yang sesuai
Melatih fokus dengan memperhatikan bentuk dan warna yang sesuai

Huruf dan angka memiliki bentuk yang jauh lebih unik dan kompleks. Sehingga jika si kecil sudah belajar tentang bentuk lebih terlebih dahulu, ia akan menjadi lebih siap untuk mengenali huruf maupun angka di masa mendatang. Dengan mengajak si kecil belajar bentuk, artinya kita telah mempersiapkannya untuk dapat belajar mengenal huruf dan angka dengan lebih baik. Karna sudah mendapatkan rangsangan positif dari mengenal bentuk, insyaallah belajar mengingat huruf danangkanya bisa lebih mudah ya buibuk!

3. Menggunakan kosakata deskriptif

Belajar mencari dan menemukan bentuk yang diinginkannya
Belajar mencari dan menemukan bentuk yang diinginkannya

Dengan mempelajari nama bentuk dan warna, si kecil bisa memiliki kosa kata yang lebih banyak sehingga si kecil dapat mengekspresikan apa yang ia lihat, apa yang ia inginkan serta ide apa yang ia miliki. Misalnya ia jadi mengetahui bahwa buku memiliki bentuk seperti persegi empat, serta apel berwarna merah. Beragam nama bentuk dan warna yang sudah mampu diingat oleh anak, dapat membantunya untuk mendeskripsikan beragam hal, sehingga kita dapat terhindar dari kesalahpahaman yang berujung tantrum.

4. Mampu memilah-milah informasi berdasarkan visual

Belajar menyeleksi bentuk yang sesuai dengan gambar
Belajar menyeleksi bentuk yang sesuai dengan gambar

Dunia yang terdiri dari berbagai bentuk dan warna, dapat membantu si kecil mengasosiasikan dengan benda-benda yang sudah dikenalnya. Secara otomatis, ia akan mampu untuk memindai lingkungannya secara efisien dengan menyaring informasi yang tidak perlu. Contohnya seperti; Anak dapat menemukan mainan pemadam kebakarannya dengan cepat, karena mengabaikan segala sesuatu yang tidak berwarna merah. Rangsangan visual yang didapatkan anak jadi dapat ia aplikasikan di dalam kehidupannya sehari-hari.

BACA JUGA :  MONTESSORI AT HOME; Asiknya Belajar dengan Konsep Small World

5. Mampu menstimulasi kemampuan menulis dan membaca

Tahapan atau step pertama
Tahapan atau step pertama

Setelah mengenal beragam bentuk, anak akan memiliki ketertarikan untuk membuatnya sendiri. Contohnya ketika si kecil belajar menggambar, secara perlahan ia juga memiliki keinginan untuk belajar menuliskan bentuk huruf-huruf serta angka-angka. Selanjutnya, kegiatan menggambar yang melibatkan pola akhirnya dapat membantu mengembangkan keterampilan pra-membaca si kecil. Saya mengalaminya banget, karna Raka yang secara willing suka menggariskan pola-pola berbentuk segitiga di buku gambarnya. Ini menjadi sinyal buat saya bahwa Raka mulai siap pada tahapan menulis serta membaca.

***

 

Luar biasa banget kan gengs, stimulasi-stimulasi yang bisa didapatkan anak cuma dari belajar mengenal bentuk dan warna?! Saya itu selalu percaya kalo kita sudah melengkapi kebutuhan stimulasi anak, apapun kemampuan yang ingin dicapai pasti gak akan sulit untuk diraih. Makanya perlu diperhatikan juga ya mainan-mainan yang kita beli untuk si kecil, membuat Fun Shape & Pattern ini juga adalah upaya saya untuk punya mainan yang bisa melengkapi kebutuhan anak sendiri, yang alhamdulillah udah bisa kalian adopsi juga yeayy!!!

Meskipun terdapat Parent’s Guide yang salah satu fungsimya untuk memberikan panduan bermain, tapi perlu diingat ya buibu. Bahwa adanya parent’s guide ini sama sekali tidak membatasi cara bermain si kecil, jika memang si kecil sudah bisa mengusai semua step, ia bisa bebas memainkannya tanpa mengikuti tingkat kesulitan atau langkah-langkah yang ada di parent’s guide. Karna Fun Shape & Pattern ini memang sengaja saya design supaya nyaman dimainkan baik secara closed-ended play, juga open-ended play. Karna keduanya sama-sam memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Nah kedua caranya ini udah dimainkan langsung nih sama Raka, dan Alhamdulillah Raka terlihat nyaman untuk bermain sesuai intruksi atau menuangkan imajinasinya secara bebas.

Jadi mentemen…. jauh sebelum product ini launching, saya dan Raka sudah mencoba memainkannya untuk mengevaluasinya secara langsung. Dan gak langsung klop begitu aja karna ternya ada beberapa hal yang harus direvisi, mulai dari warna, jumlah design card dan juga prototype. Itulah kenapa saya happy banget ketika Fun Shape & Pattern ini akhirnya fix lahiraannnn, huhuuuu terharu banget bangetlah pokoknya :D. Oke kembali ke topik review ya, nah setelah memahami alasan kenapa harus tentang bentuk dan apa aja manfaat jangka panjangnya. Saatnya untuk mengenal lebih dekat lagi tentang mainan yang satu ini ya….

BACA JUGA :  Roma MarieGold, Camilan Sehat Penuh Manfaat

Apa aja sih isi 1 set Fun Shape & Pattern?

Isi paket Fun Shape & Pattern
Isi paket Fun Shape & Pattern

Di dalam satu paket Fun Shape & Pattern terdiri dari:

  • 26 design card
  • Parents guide
  • Marker/Spidol
  • 42 pcs Wooden Shape

Apa saja kelebihannya?

Wooden Shapedengan beragam warna
Wooden Shapedengan beragam warna
  • Potongan bentuk yang terbuat dari bahan natural berupa kayu sehingga aman untuk dimainkan si kecil.
  • Terdapat 42 potongan bentuk dengan beragam warna serta bentuk, yang dapat dieksplore anak.
  • Dengan bentuk real yang dapat digenggam dapat membuat si kecil lebih mudah untuk mengingat serta mengidentifikasikan nama setiap bentuk serta warna.
  • Potongan bentuk dibuat round-edge atau tidak tajam jadi sangat aman untuk dimainkan anak mulai usia 2 tahun.
  • Bisa dimainkan secara Open-ended play dan Close-ended play
  • Design card latar belakang membangun kota, bisa dimanfaatkan sebagai latar belakang bermain figurines.

Lalu kemampuan atau benefit apa aja sih  yang dapat dicapai?

  1. Pra-matematika
  2. Pra-menulis
  3. Stimulasi visual
  4. Kognitif
  5. Berhitung
  6. Problem solving
  7. Berfikir logis
  8. Fine motoric
  9. Imajinasi
  10. Kreativitas

Bisa diadopsi atau beli dimana?

Fun Shape & Pattern bisa kalian beli lewat akun instagram juga shopee @pobee.id kalau mau direct langsung ke sayapun tentu bisa, karna sayapun akan ikut menjualnya di akun @kelanakids .Berita gembiranya, akan diadakan Zoom Class yang membahas mengenai 16 Kemampuan Pra-Matematika oleh Ms Rossa dari Montessori Haus Asia. Saya sendiri yang bakal menjadi moderatornya, karna kelas ini berhubungan erat dengan Fun Shape & Pattern. Maka ada 10 tiket gratis untuk 10 pembeli pertama Fun Shape & Pattern lewat shopee Pobee, untuk linknya kalian bisa klik disini.

Informasi Zoom Class pobeexputrinormalitaxmontessorihausasia
Informasi Zoom Class pobeexputrinormalitaxmontessorihausasia

Kapan lagi nih beli media bermain sambil bisa belajar bareng Ms Rosaa, saya pribadi tertarik banget dengan temanya. Karna jika dipahami lebih dalam, ternyata matematika bukanlah hal yang menakutkan. Jadi semoga kelas ini nantinya bisa memberikan kita ribuan manfaat serta pemahaman tentang kemampuan-kemampuan pta-matematika yang bisa kita ajarkan pada si kecil. Yuuukk buruan join yaa!!!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *